Resep Membaca Biar Lezat

Bagaimana kabar sobat semua..??
Semoga dalam keadaan sehat
dan juga tetap semangat.. Membaca itu asyik berat looh
sob. Semua makanan yg menurut
sobat paling enak, akan kalah
nikmat ama membaca. Suer
deeh..!! Pengen tahu kenapa and
gimana?? Siip.. Ini dia resep ngebumbuin
membaca biar selezat masakan
apa pun kesukaan sobat. Bumbu pertama, bubuhin sebelum makan, ehh membaca
dilakukan. Cari en jawab AMBAK
atau Apa Manfaatnya Bagiku
(what’s in it for me?). Manfaat
apa sih yg akan kuperoleh kalo
membaca buku ini? Apa saja yg ku dapat bila aku menyelesaikan
nih buku? Tanya terus, gali
terus, uber aja. Interogasi diri,
layaknya sobat adalah intelijen
berpengalaman. Makin banyak
jawaban akan manfaat dari membaca buku tersebut,
insyaAllah akan semakin lezat
terasa buku itu dibaca. Membaca
pun, jadi penuh hasrat dan
tenaga. Luar biasa..!! Bumbu kedua, mengikat makna (apa yaa maksudnya??). Simpel
sebenarnya sobat. Kata Ali bin
Abi Thalib (yaitu sahabat
sekaligus menantu Rasulullah),
“ikatlah ilmu dengan
menuliskannya”. Yaap tulis aja.!! Jadi kalau kita ngebaca, terus
nemuin “harta karun” (yg bikin
kita bilang: “woow, keren abiss
nih kata-kata. Aku benar-benar terpesona deh, padanya” ), ya harap disimpan baik-baik.
Seperti kita layaknya kita
nyimpan harta kita yg sangat
bernilai buat kita..!! Catet baik-
baik ditempat dimana sobat
mudah ngelihatnya lagi saat diperlukan. Bisa di diary, ato di
buku agenda, or di buku tulis
khusus, tapi jangan di dinding tetangga sebelah yaa.. Kalau dalam bahasanya Bang
Hernowo ( itu looh yg nulis ”
Seandainya Buku Itu Sepotong Pizza” dan “Mengikat Makna” , ngikat makna (bukan kambing
lho!!), adalah ketemunya ide dari
penulis (yg berupa tulisan-tulisan
di bukunya) dengan ide dari
pembaca. Dengan begitu maka
akan lahir ide “baru”. Sehingga akan terjadi pencerahan dalam
diri pembaca/sobat. Selain kedua bumbu tersebut,
tentunya masih banyak bumbu-
bumbu lain yang menjadikan
aktifitas membaca tambah lezat.
Sobat bisa menambahkannya,
agar kita semakin semangat membaca. Karena membaca
merupakan jendela untuk melihat
hazanah ilmu pengetahuan dan
jalan lapang untuk memahami
dunia.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s